Friday, February 8, 2008

Penutupan Progam Magang

(Read English Version)

Peluncuran
Kandidat terpilih

Jadwal Kegiatan
Selama proses magang dijalankan, peserta mengikuti serangkaian kegiatan yang terdiri dari kegiatan di kantor dan kegiatan lapangan.
Minggu 1

Kegiatan meliputi perkenalan, tes awal, kegiatan lapangan di 3 wilayah (rapat mediasi di Kampung Melayu, tindak lanjut rehabilitasi gorong-gorong di Penjaringan, dan kunjungan lapangan di Cipinang Besar Utara)
Minggu 2

Pelatihan teknis (SAR, First Aid, dan Dapur Umum) yang diadakan pada 22-26 Januari 2008. Peserta magang terlibat penuh dalam pelatihan ini.
Minggu 3

Persiapan kegiatan Simulasi Kesiapsiagaan Banjir dan pelaksanaannya pada 31 Januari 2008. Minggu 4
Sesi di kantor mengenai Participatory Rural Appraisal, Manajemen database, konsep CBDRM, dan penulisan laporan, yang dilanjutkan dengan lokakarya SOP untuk Sistem Peringatan Dini untuk 3 kelurahan (3 days)

Rencana Tindak Lanjut
Peserta magang memiliki latar belakang dan motivasi yang berbeda untuk mengikuti kegiatan magang. Sebagai akibatnya, mereka pun memliki rencana tindak lanjut yang berbeda pula untuk diaplikasikan ke organisasi nya masing-masing. Ghufron dari AMAN Indonesia berencana membuat sistem database di organisasi nya yang mendokumentasikan kegiatan dan laporan yang sudah dibuat. Ia juga berencana memasukkan pelatihan untuk masyarakat sebagai salah satu komponen kegiatan AMAN. Milka berencana memasukkan kegiatan simulasi dalam program CBDRM Lendola di Alor. Programnya saat ini lebih memfokuskan pada simulasi. "Sudah saatnya masyarakat melakukan kegiatan nyata, tidak melulu duduk dan mendengarkan sosialisasi" ujarnya. Sementara Sukirno dari TRUST berencana membangun database.

Kesimpulan dan Rekomendasi
Semua peserta menyatakan bahwa program ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh. Mereka berencana untuk mereplikasi beberapa komponen kegiatan ACF di program di organisasi masing-masing. Ada beberapa rekomendasi yang diberikan untuk perbaikan program magang di masa akan datang:

  • Menjelaskan fokus utama masing-masing peserta di awal sesi program magang
  • Merancang kegiatan berdasarkan kebutuhan masing-masing peserta
  • Memberi jadwal kegiatan di awal sesi program
  • Mempertimbangkan untuk mengadakan kegiatan magang di awal program untuk memberikan gambaran lebih lengkap mengenai proses mendisain program
  • Memperpanjang waktu pelaksanaan program magang menjadi lebih dari 1 bulan.