Saturday, February 2, 2008

Simulasi Kesiapsiagaan Banjir

(Read English Version)

Kamis 31 Januari 2008, sudah 3 hari ini curah hujan di pintu air hulu Cibubur lebat sekali. Ketinggian air di pintu air Cipinang hulu sudah mencapai 250 cm. Di CBU air diperkirakan sudah menggenang setinggi 50 cm (siaga II). Dalam 4 jam diperkirakan keadaan akan mencapai siaga I. Warga diminta mempersiapkan segala sesuatunya.Keadaan diatas adalah skenario yang digunakan saat Cipinang Besar Utara mengadakan simulasi kesiapsiagaan banjir.

Tahapan berikutnya adalah:
Petugas pintu air menghungi Linmas CBU, menginformasikan bahwa tinggi pintu air sudah mencapai 250 cm. Warga diminta mempersiapkan kedatangan banjir.
Linmas menghubungi Pak Lurah. Secara lengkap alur penyampaian informasinya adalah sebagai berikut
Sebelum simulasi ini dilakukan, para petugas sudah mendapat pelatihan teknis selama 5 hari di Cibubur. Pelatihan meliputi SAR, First Aid, dan Dapur Umum. Simulasi ini merupakan wadah untuk mengujicobakan pelatihan yang mereka dapatkan sebelumnya. Skenario yang disiapkan meliputi tindakan evakuasi, penanganan korban luka, manajemen dapur umum, antisipasi keributan yang mungkin muncul saat pembagian makanan, hingga mekanisme penutupan tempat evakuasi ketika keadaan sudah aman untuk kembali ke rumah.