Monday, February 4, 2008

Kumpulan Berita tentang Bencana pada Januari 2008

(Read English Version)

Di bulan Januari, hujan merata di berbagai wilayah Jakarta. Pada tanggal 1 Januari ketinggian air di Katulampa menembus angka 140 cm yang artinya siaga IV. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan memperbaiki koordinasi penanganan banjir. Pada 3 Januari banjir sudah terjadi di beberapa titik di Jakarta. Di Kampung Melayu sebagai daerah langganan banjir sudah 830 orang mengungsi di Santa Maria.Pusat krisis DKI Jakarta menyiapkan 200 perahu karet untuk evakuasi. Di Muara Baru, air pasang kembali masuk ke rumah. Kali ini air datang jam 10 dan surut menjelang pukul 6 sore. Dalam konteks manajemen banjir, Pemprov juga menargetkan pembebasan lahan untuk Kanal Banjir Timur bisa tuntas pada tahun 2008 ini.

Banjir juga melanda beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Tengah banjir melanda Solo, Cepu, Kudus, Banyumas, dan Karanganyar. Di Jawa Timur per 2 Januari, korban banjir sudah mencapai 31 orang. Total jumlah korban meninggal pada banjir Jawa Tengah dan Jawa Timur mencapai 100 orang dengan kerugian ekonomi mencapai Rp 2 trilyun. Sambas dan Bandung pun mengalami banjir. Hujan lebat di Papua bahkan menyebabkan longsor. Sementara di Manado, 4 rumah tertimbun longsor.

Demam berdarah di Kupang telah merenggut nyawa 2 orang anak. Di Nagekeo NTT status KLB ditetapkan menyusul kematian 2 balita. DBD juga menjangkiti Jakarta Pusat dan Bekasi. Dari Jakarta Timur telah terdata 537 orang menderita DBD. Avian influenza kembali merebak. Di Bandung satu orang suspect meninggal dunia pada 7 Januari. Korban meninggal lainnya datang dari Bekasi. Hingga 30 Januari, jumlah korban meninggal karena flu burung di Indonesia sudah mencapai 101 orang. Kasus malnutrisi ditemukan di Riau, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Puting beliung merusak sejumlah rumah di Tegal dan Ende. Di Bekasi 321 rumah rusak diterjang puting beliung. Pada 6 Januari, 150 rumah di Makasar rusak diterjang angin puting beliung. Wilayah lain yang dilanda puting beliung adalah Kepulauan Seribu, NTT, Jepara, Brebes,Palembang, dan Cirebon.

Gempa berkekuatan 6,2 SR menewaskan seorang bocah dan melukai 4 orang lainnya di Pulau Nias. Satkorlak PB menetapkan 11 provinsi rawan bencana alam. Ke 11 provinsi tersebut adalah Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan.