Monday, July 23, 2007

School Road Show SD YPBK, Cipinang Besar Utara

(Read English Version)

Siswa Sekolah Dasar khususnya yang tinggal di daerah rawan banjir, perlu diberikan pemahaman akan penyebab banjir dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah banjir. Juga perlu ditumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai. Dengan mempertimbangkan hal-hal diatas, ACF memutuskan untuk memfasilitasi kunjungan ke Sarana Transportasi Air (Waterway). Melalui kunjungan ini, pemahaman siswa tentang kanal banjir dan fungsinya bisa bertambah. Kegiatan ini juga ditujukan untuk memperlihatkan kepada anak-anak akibat dari sampah yang dibuang ke sungai.

Kunjungan ini direalisasikan pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2007. Dua belas orang siswa dari SD YPBK yang berlokasi di RW 02, Cipinang Besar Utara berangkat menuju dermaga Halimun didampingi 2 orang guru dan 2 personil ACF (Martius dan sukarelawan dari CBU). Petugas sudah siap menunggu. Rombongan menaiki speedboat selama 30 menit menyusuri Dukuh Atas – Karet pp. Di sepanjang perjalanan, anak-anak tampak senang. Selesai menyusuri waterway, rombongan dibawa ke Monas untuk berdiskusi sambil menikmati makan siang yang telah dipersiapkan.
Dari sesi diskusi ini, siswa mulai mencerna informasi mengenai Kanal Banjir dan fungsinya dalam mencegah banjir. Mereka juga mulai memahami bahwa sampah-sampah yang dibuang ke sungai akan menumpuk seperti yang mereka lihat di sepanjang jalur waterway. Siswa juga mulai mengetahui, bahwa di ibukota sedang dikembangkan sarana transportasi air seperti yang mereka baru saja naiki.

Menurut keterangan petugas waterway, kunjungan ini merupaakan kunjungan pertama dari rombongan berseragam sekolah, sehingga petugas merespon dengan sangat baik. Guru-guru dari SD YPBK pun menyambut positif metode pengajaran yang digunakan ACF kali ini.

Penulis : Martius Marzuki
Editor : Erma Maghfiroh
Penerjemah : Erma Maghfiroh