Thursday, July 19, 2007

Roadshow SMPI Nurul Islam

(Read English Version)

Kegiatan pendidikan bencana di SMPI Nurul Islam, Penjaringan diadakan pada Selasa, 17 Juli 2007, jam 14 -15. Kegiatan ini diikuti oleh 55 siswa kelas I dan 10 siswa OSIS. Pada saat yang sama, sekolah ini sedang dalam periode MOS (Masa Orientasi Siswa). Siswa kelas 1 diminta memakai aksesori-aksesori seperti pita warna-warni, topi, kacamata renang, dan kalung dari berbagai makanan kecil.


Kegiatan diisi dengan permainan pemadam kebakaran dan pemutaran film tentang banjir. Acara dimulai pukul 14 tepat. Erma, Nana, dan Wiwin (pemuda Penjaringan) menjadi faislitator. Perkenalan dilakukan, dilanjutkan dengan game. Siswa diminta memilih apa saja yang akan diselamatkan jika terjadi kebakaran. Barang/benda yang diselamatkan disimbolkan dengan tulisan yang dikalungkan pada peserta. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Satu peserta dari tiap kelompok bertugas mengambil barang yang dipilih dalam waktu yang ditentukan.

Dilanjutkan dengan pemutaran film tentang banjir. Film ini menggambarkan persiapan menghadapi banjir, apa yang harus dilakukan ketika banjir datang dan setelah banjir surut. Kegiatan ini ditutup dengan sesi quiz (tanya jawab) setelah film selesai, yang diramaikan dengan jawaban siswa yang membuahkan hadiah stiker jika jawaban yang diberikan benar.