Thursday, June 14, 2007

Simposium Nasional Ketiga CBDRM

(Read English Version)

Simposium nasional Ketiga CBDRM “Mencari Kerangka Kerja dan Memposisikan CBDRM sebaai Strategi Kunci dari Pengurangan resiko Bencana di Indonesia: Jejaring antar Pemegang Peran” diadakan di Jakarta pada tanggal 12 – 13 Juni 2007.


Simposium ini bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang praktek CBDRM di berbagai kegiatan, meluncurkan panduan hidup, peluncuran compendium project, dan juga kegiatan untuk mendukung inisiatif konsep terbaik untuk CBDRM.

Asisten DRR Coordinator dan CO Penjaringan menghadiri simposium tersebut. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam simposium tersebut adalah Focus Group Discussion untuk membahas 5 topik utama CBDRM:
1. Ideologi
2. Visi dan Misi
3. Pengetahuan
4. Pendekatan yang digunakan
5. Teknik dan Metoda

Hasil dari FGD ini adalah bahan utama yang akan diproses oleh tim perumus untuk dijadikan panduan hidup. Beberapa orang dan institusi sudah mengajukan diri untuk menjadi bagian dari tim perumus ini.

Dalam kegiatan ini, MPBI sebagai salah satu sponsor acara menawarkan opsi afiliasi. Afiliasi ini memungkinkan berbagai organisasi bekerjasama dengan MPBI dalam bentuk dukungan keahlian teknis atau pengadaan kegiatan bersama. Informasi mengenai teknis prosedur afiliasi ini bisa dilihat di website MPBI.