Monday, September 3, 2007

Kumpulan Berita tentang Bencana pada Agustus 2007

(Read English Version)

Meski tidak seramai di awal kemunculannya, berita tentang penyebaran flu burung di Indonesia masih ditermui di beberapa kesempatan. Di Purbalingga, ada 2.270 ekor ayam mati dengan gejala flu burung. Gejala yang sama ditemui di Sukabumi. Di Bali, 3 warga meninggal dengan dugaan flu burung. Mereka dipastikan positif terkena flu burung. Di Tangerang, satu orang meninggal karena flu burung. Bali diperkirakan menyusul wilayah lain yang menjadi tempat penyebaran flu burung. Delapan kecamatan di Tabanan telah tertular endemi ini. Sejumlah pasien yang diduga terinfeksi virus AI kini dirawat di Rumah Sakit Sanglah, Denpasar.

Kekeringan mulai melanda beberapa wilayah. Petani di Cirebon, Indramayu didera kekhawatiran gagal panen jika padi mereka tidak kunjung mendapat suplai air. Kekeringan juga melanda 22 kabupaten di Jawa Tengah. Masalah yang sama juga melanda petani di Blitar, Jawa Timur Selain karena cuaca, berkurangnya daerah resapan air juga diindakasi sebagai penyebabnya.

Masih sebagai efek cuaca, angin kencang merusak sedikitnya 600 rumah dan banggunan di enam desa di Bogor. Sementara itu, badai menghantam kawasan pantai Sumatera Barat. Bencana lainnya, banjir yang melanda kabupaten Halmahera, Maluku Utara merusak sedikitnya 176 rumah warga. Jumlah korban banjir Morowali menjadi 81 orang. Evakuasi dilakukan sampai 9 Agustus. Upaya evakuasi terhalang medan yang berat, demikian pula bantuan kesehatan dan kebersihan yang akan disalurkan.

Gempa masih mengguncang beberapa wilayah Indonesia. Bengkulu diguncang gempa tektonik 5.7 SR pada Jumat 3 Agustus 2007, tidak ada korban jiwa. Jakarta dan Bandung dibuat panik dengan gempa yang terjadi Kamis 9 Agustus 2007 tengah malam. Gempa ini membuat masyarakat Pangandaran panik akan kemungkinan tsunami seperti tahun lalu. Gempa di Halsel yang berkekuatan 5.4 SR melukai seorang bocah dan merusak 41 rumah.

Selasa (14/8) Gunung Soputan, di Minahasa meletus dan menyemburkan debu dari puncak gunung. Rumah dan lahan pertanian penduduk tertutup abu sampai 2 cm. Di Sulawesi Utara, dengan meningkatnya status Gunung Api Karangetan, lebih dari 800 warga diungsikan ke lokasi aman. Gunung Gamalama di Ternate juga meningkat statusnya menjadi waspada II.

Berita manca, gempa berkekuatan 6.4 SR mengguncang Shakalin, Rusia. Dua orang dilaporkan tewas. Di Sudan, 365.000 menjadi korban banjir yang sudah melanda selama 1 bulan. Situasinya diperkirakan akan memburuk karena hujan berlanjut. Gempa 5.7 SR mengguncang Taiwan, Kamis (9/8), tidak ada korban jiwa. Badai dan hujan lebat yang sekejap melanda New York menimbulkan banjir yang melumpuhkan sistem angkutan umum kota itu. Badai disertai hujan lebat, Kamis (9/8) melanda China dan Filipina, menyebabkan korban tewas dan ratusan ribu orang dievakuasi. Puluhan orang dilaporkan tewas dan hilang di India dan Bangladesh karena banjir, Rabu (1/8). Pemerintah India dan Bangladesh berjuang menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan untuk menekan jumlah korban banjir. Karena banjir pula, Korea Utara dilaporkan telah memohon bantuan internasional. Banjir ini menyebabkan ratusan orang tewas atau hilang, dan banyak bangunan hancur.