Thursday, August 2, 2007

Studi Banding Karang Taruna Cipinang Besar Utara ke Desa Cijanti

(Read English Version)

Karang Taruna Cipinang Besar Utara merasa perlu mendapatkan pemicu untuk menggerakkan organisasinya. Studi Banding dirasakan menjadi suatu pemicu positif untuk memulai. Contoh nyata dirasa lebih mengena dibandingkan wacana dan teori semata. Kegiatan studi banding juga dapat membangun silaturahmi antar anggota Karang Taruna dari kedua wilayah.

Kegiatan ini diharapkan untuk membangkitkan semangat karang taruna untuk berkarya kembali. Berbagi pengalaman dan misi dari Karang Taruna Desa Cijanti diharapkan dapat membangkitkan pemahaman Karang taruna Cipinang Besar Utara.

Kunjungan ini diadakan pada tanggal 29 Juli 2007. Lima belas orang dari Karang taruna ikut serta. Di Desa Cijanti, diadakan temu wicara dengan pengurus Karang Taruna Desa Cijanti, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke pabrik dan koperasi. Sesi diskusi dan tanya jawab cukup hidup dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Karang Taruna Cipinang Besar Utara.

Dari kegiatan ini, Karang Taruna CBU mulai tergugah untuk mencontoh keberhasilan Karang Taruna Cijanti. Usaha produktif yang dibangun ternyata dapat mengikat anggota karang taruna. Sosok pemimpin dirasa sangat berperan sebagai motor penggerak. Usaha produktif inilah yang akan mulai diinisiasi di Cipinang Besar Utara.

Penulis : Martius Marzuki
Editor : Erma Maghfiroh
Penerjemah : Erma Maghfiroh