Monday, May 14, 2007

Roadshow SDI Nurul Yaqin

(Read English Version)

Anak-anak perlu mendapat perhatian dan perlindungan dari kemungkinan bencana, terutama banjir. Di usia muda, pemahaman dan penyadaran akan lebih mudah diberikan jika dilakukan sambil bermain atau pendekatan non formal lainnya. RW 04 Cipinang Besar Utara, dimana SDI Nurul Yaqin berlokasi, adalah daerah yang rawan banjir. Pada saat terjadi banjir Februari tahun 2007 yang lalu SD ini harus menghentikan kegiatan belajarnya kurang lebih tiga minggu. Ketinggian air yang menggenani sekolah ini sekitar 180 cm. Kondisi fisik bangunan SD ISLAM NURUL YAQIN sangat sederhana, terdiri dari tiga ruang kelas dan satu ruang kantor berada persis didepan ruang kelas. Sekolah menerima siswa-siswi yang tidak mampu dan yatim piatu serta anak-anak pindahan dari berbagai daerah.

Dari kegiatan ini diharapkan pemahaman guru-guru maupun anak-anak sekolah dasar NURUL YAQIN tentang bencana banjir meningkat, dan pesan kesiapsiagaan banjir sampai ke masyarakat. Kegiatan ini diisi dengan penayangan film tentang BANJIR, yang dibuat di Negara Vietnam. Sekitar 100 orang siswa berpartisipasi dalam acara ini. Mereka berasal dari kelas 1 sampai kelas 6.

Kegiatan ini diisi dengan pemutaran film yang dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2007 di SDI Nurul Yaqin RW 04 Kelurahan Cipinang Besar Utara (CBU), jam 09.30 sampai jam 11.00 WIB.

Para siswa dikumpulkan dalam ruangan dan dibagi dalam 2 kelompok. Sesi pembukaan diisi dengan perkenalan dan pertanyaan pembuka tentang banjir. Setelah itu baru dilanjutkan dengan pemutaran film. Anak–anak menyimak penayangan film ini dengan baik. Setelah pemutaran film selesai, fasilitator menanyakan kembali apa yang mereka ketahui dari film tersebut. Sebagian besar siswa yang menjawab berasal dari kelas 4 – 6. Sedang siswa dari tingkatan kelas yang lebih rendah terlihat kurang dapat memahami isi film.

Di masa datang, fasilitator diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dan memberikan berbagai metode yang variatif dan sesuai dengan target sasaran peserta.

Penulis : Martius Marzuki
Editor : Erma Maghfiroh
Penerjemah : Erma Maghfiroh