Tuesday, March 4, 2008

Kumpulan Berita tentang Bencana pada Februari 2008

(Read English Version)

Jawa Timur kembali dilanda banjir. Banjir di Pasuruan melumpuhkan jalur kereta api. Di Situbondo per 11 Februari korban meninggal mencapai 11 orang. Solo kembali dilanda banjir, hujan deras menyebabkan 3 kecamatan terendam air. Banjir di Jakarta merusak infrastruktur. Akses ke bandara terputus. Di Tangerang, titik banjir meluas. Banjir diperkirakan karena curah hujan tinggi dan penyimpangan pemanfaatan daerah hulu. Di Bekasi, 700 rumah tergenang air setinggi 75 – 100 meter. Ratusan warga kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel masih terisolasi karena akses jalan terputus oleh banjir. Sungai Musi meluap dan merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Gandus, Sumsel. Sebelas orang warga NTT tewas karena banjir yang terjadi sejak Januari hingga 23 Februari.

Longsor menewaskan 8 warga Kecamatan Danau Paris, NAD. Longsor terjadi sekitar pukul 02.30 ketika warga sedang tertidur lelap. Sementara itu, menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, ribuan zona rentan gerakan tanah di 106 kabupaten/kota terdeteksi selama bulan Februari 2008. Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki zona kerentanan terbanyak.

Gempa 7,3 SR di Simeulue Rabu 20 Februari 2008 merusak ratusan rumah termasuk rumah bantuan BRR NAD-Nias. Senin 25 Februari 2008, gempa 7,2 SR mengguncang Kabupaten Muko muko, Bengkulu. Warga yang trauma langsung lari ke perbukitan. Dua hari kemudian gempa 7,2 SR mengguncang pulau Mentawai, menewaskan 2 orang.

Serangan DBD di NTT menewaskan 3 anak-anak dan 198 lainnya dirawat di rumah sakit. Di Yogyakarta 124 orang dirawat karena DBD dalam periode Januari – 10 Februari. DBD juga menyerang Jakarta Utara dan Tangerang. Flu burung menjadi endemi di 3 kecamatan di Kota Bekasi. Pemkot Jakarta Pusat memusnahkan 22 ekor unggas pada 6 Februari 2008 sementara di Jakarta Timur 1.274 unggas dimusnahkan menyusul meninggalnya 1 pasien flu burung di kawasan itu. Razia masih terus dilakukan di berbagai wilayah Jakarta lainnya. Flu burung juga berjangkit di Tegal. Chikunguya menyerang 19 warga Purwakarta dan 92 warga di Sawah Besar Jakpus. Di Kalimantan Selatan, 54 warga terserang Malaria, 2 orang diantaranya meninggal dunia.

Angin puting beliung masih bermunculan di beberapa wilayah. Martapura, Kalsel diterjang puting beliung Kamis 7 Februari. Semarang, Jateng diterjang puting beliung merobohkan 3 rumah pada 10 Februari. Cilacap juga diterjang puting beliung, menewaskan 1 orang pada 9 Februari. Angin kencang melanda Makasar pada 15 Februari hingga 17 Februari, merusak 150 rumah.

Berita mancanegara, gempa guncang keras Kongo dan Rwanda, sedikitnya 35 orang tewas, angka ini meningkat menjadi 38 korban tewas pada Senin 4 Februari 2008. Tornado yang menyerang Amerika Serikat menewaskan 55 orang.