Wednesday, February 7, 2007

Pemberian bantuan darurat kepada korban banjir DKI Jakarta 2007 (bagian 1)

(Read English Version)

Sehubungan dengan musibah banjir di DKI Jakarta yang kini tengah meluas, ACF Indonesia sejak 3 Februari lalu hingga kini telah memberikan bantuan darurat emergency response kepada 1.791 keluarga (931 KK di Kampung Melayu and 860 KK di Cipinang Besar Utara). Kedua wilayah tersebut merupakan bagian dari wilayah pelaksanaan program ACF Indonesia mengenai Kesiapsiagaan Bencana dan termasuk wilayah banjir paling parah. Bantuan telah diberikan secara bertahap yaitu:
1. Pembangunan 5 tenda besar/posko dan 6 titik distribusi air bersih untuk 6.000 orang (pada tiap wilayah terdapat 4-5 tangki air berkapasitas 1500-2000 liter/tangki, dengan pengisian air 2 kali sehari).
2. Pembagian paket bantuan darurat berupa: 3.632 Paket kebersihan (hygiene) terdiri dari 2 sabun mandi per paket; 1.820 Paket perlindungan (shelter) terdiri dari 2 selimut dan 1 tikar plastik per paket.

Rencana Kedepan
Bekerjasama dengan lembaga donatur, ACF Indonesia kini tengah mengajukan proposal pemberian bantuan lanjutan untuk total sekitar 12.000 orang dari jumlah yang dibantu sekarang di wilayah yang sama. Selain meneruskan pemberian paket diatas (ditambah sabun cuci, desinfectan, dan sarung), ACF Indonesia juga berencana memberikan bantuan air minum dan kebersihan (hygiene) secara luas berupa:
1. Pendirian 24 titik distribusi air minum yang akan disuplai truk air (60m3/d);
2. Penyediaan WC darurat (tergantung kesediaan);
3. Pembangunan 14 dapur umum;
4. Pengaturan pembuangan sampah melalui pemberian tempat sampah dan pengambilan sampah, untuk sekitar 14.000 orang.

Tim ACF juga telah melakukan koordinasi di tingkat RT dan RW.Barang-barang bantuan yang dibutuhkan diambil dari stok ACF atau dibeli dari pasar lokal.

Penulis : Rayendra Thayeb (HoM Assistant)
Penerjemah : Erma Maghfiroh