Monday, May 18, 2009

Essay and Debate Competition

(Baca Versi Bahasa Inggris)

Pada tanggal 25 April 2009, ACF mengadakan kegiatan Essay and Debate Competition yang diikuti oleh para murid dan guru dari SMU di daerah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran murid dan guru mengenai pentingnya inisiatif di dalam pengurangan risiko bencana di tingkat sekolah. Sebagai juri dalam acara ini, ACF mengundang Bapak Del Afriadi Bustami dari LIPI, Ibu Hidayati dari Pusat Kurikulum DEPDIKNAS, Ibu Martha Warta Silaban dari Majalah Tempo, dan Bapak Martius Marzuki dari DRR Program ACF-Indonesia.

Peserta kegiatan Essay and Debate Competition dipilih melalui proses seleksi. Pada tanggal 12 Maret 2009, ACF mengumumkan kegiatan Essay and Debate Competition ke sekolah-sekolah dan meminta sekolah untuk mengirimkan karya tulis mereka yang bertemakan “Sekolahku Siap Menghadapi Banjir”. Dari 12 karya tulis yang terkumpul pada tanggal 14 April 2009, ACF memilih 9 nominasi yang kemudian mempresentasikan karya tulis mereka pada tanggal 25 April 2009.

Sembilan nominasi terpilih adalah sebagai berikut:

Team 1
SMAN 113 Jakarta
‘Indahnya Sekolah Tanpa Banjir’

Team 2
SMAN 11 Jakarta
‘Permasalahan Banjir di SMAN 11 dan Lingkungan Sekitarnya serta Upaya Mengatasinya’

Team 3
SMAN 13 Jakarta
’Sekolah Kami Siap Menghadapi Banjir’

Team 4
SMAN 111
’Sandal Jepitku Mengapung Lagi’

Team 5
SMAN 62 Jakarta
’Banjir Datang, Siap Dihadang!’

Team 6.
SMAN 89 Jakarta
‘Banjir? Siapa Takut!’

Team 7.
SMAN 11 Jakarta
’Ancaman Banjir di Sekolah? Bisa Ditanggulangi koq!’

Team 8.
SMKN 52 Jakarta
’Gerakan Menghadapi Banjir’

Team 9.
SMAN 62 Jakarta
’Banjir Membawa Berkah’

Acara Essay and Debate Competition dilaksanakan di Hotel Alia, Cikini dimulai dari jam 09.00 – 16.30 WIB. Setiap tim membawakan presentasi mereka dengan sangat baik sekali. Para juri juga menunjukkan antusiasmenya dengan memberikan banyak pertanyaan dan saran kepada setiap nominasi sehingga mereka dapat meningkatkan pengetahuan mereka mengenai bencana banjir dan kapasitas sekolah dalam menghadapi banjir.

Pemenang acara Essay and Debate Competition dipilih berdasarkan hasil presentasi, karya tulis, dan kemampuan para nominasi menjawab pertanyaan dari para juri. Hasilnya adalah sebagai berikut:
Juara 1 : SMKN 52 Jakarta (‘Gerakan Menghadapi Banjir’)
Juara 2 : SMAN 26 Jakarta (‘Banjir Membawa Berkah’)
Juara 3 : SMAN 11 Jakarta (‘Permasalahan Banjir di SMAN 11 dan Lingkungan Sekitarnya serta Upaya Mengatasinya’

ACF mengucapkan selamat kepada para juara dan para nominasi, semoga mereka dapat terus berprestasi dan meningkatkan kesadaran sekolah dan masyarakat sekitarnya mengenai upaya penanggulangan banjir!